Blogger Widgets

Inilah Tujuh Cara Mengirim Surat Lamaran Kerja Yang Harus Kamu Ketahui


Berdasarkan pengalaman penulis yang dulu bekerja sebagai Manager HRD di beberapa perusahaan, yang memungkinkan banyak sekali bertemu dan mewawancarai calon karyawan/karyawati dari berbagai kalangan dan usia. Berbagai macam tipe para pelamar kerja datang silih berganti dari yang bersikap pasrah sampai yang memaksakan diri dengan jalan mengancam Manager HRD. 

Penulis pun demikian juga saat dulu melamar pekerjaan, berbagai kesalahan sering dilakukan yang berakibat pada tidak diterimanya bekerja diperusahaan yang dilamar. Mulai dari kesalahan saat menjawab pertanyaan pewawancara sampai dengan mengundurkan diri karena merasa tidak pede terhadap pelamar lain yang penampilannya sudah seperti manager beneran maupun kesalahan saat menulis surat lamaran kerja.

Berikut saya berikan tips melamar pekerjaan :

  1. Kirimkan surat lamaran kerja seperti yang disarankan oleh perusahaan atau tempat usaha. Kebanyakan perusahaan yang sudah memiliki satpam atau setingkatnya surat lamaran kerja biasanya di titip di tempat area satpam. Kecuali kalau memang persyaratannya harus membawa lamaran sendiri datang dan langsung wawancara maka hal tersebut boleh saja dilakukan. Untuk hal ini biasanya posisi jabatan yang ditawarkan adalah sales marketing. untuk jabatan yang lebih baik biasanya anda harus menunggu dipanggil kembali setelah surat lamaran dititipkan atau dikirimkan. Jangan memaksakan diri untuk bertemu langsung dengan Manager HRD sebab bagi mereka bertemu langsung dengan para pelamar yang tak diundang merupakan hal yang harus dihindari. itulah sebabnya banyak lowongan kerja yang mensyaratkan para pelamarnya mengirimkan berkas melalui pos atau melalui email saja daripada bertemu langsung dengan para pelamar.


  2. Surat lamaran kerja beserta CV dengan menggunakan komputer gunakan bahasa Indonesia untuk perusahaan dan tempat kerja yang biasa, namun wajib gunakan bahasa Inggris apabila di dalam perusahaan tersebut menggunakan tenaga asing lainnya sebab untuk perusahaan yang menggunakan tenaga asing seperti perusahaan pertambangan sangat di anjurkan menggunakan bahasa Inggris dalam surat lamarannya. 

  3. Jangan mengirimkan surat lamaran kerja berkali-kali pada satu perusahaan yang sama. tapi kalau anda masih tetap ingin melamar di perusahaan yang sama berikan jeda waktu yang agak lama setidaknya 6 bulan. Kecuali untuk lowongan kerja sebagai SPG, SPB dan pekerjaan lain yang bergantung kepada events maka sah saja anda mengirimkan surat lamaran berkali-kali karena dimungkinkan anda akan mendapatkan events yang berbeda.

  4. Lampirkan surat pengalaman kerja secukupnya saja, apabila anda mempunyai banyak surat pengalaman kerja maka gunakan seperlunya saja. Jangan sampai surat pengalaman kerja anda malah seperti sudah lama malang melintang di dunia pencari kerja, terlihat dengan puluhan lembar fotocopy surat pengalaman kerja sebab akan menunjukkan kepada HRD yang berpengalaman bahwa anda tidak memiliki loyalitas yang tinggi terhadap perusahaan, sering tidak puas kepada perusahaan, bukan pekerja keras, dan yang lebih parah lagi anda sering diberhentikan.

  5. Kalau anda bukan sarjana, jangan terlalu pesimis dulu banyak orang yang berhasil dan sejajar dalam satu jabatan yang semuanya dijabat oleh para sarjana. bahkan seringkali perusahaan yang telah menetapkan standar S1 dalam merekrut karyawan baru berubah sikap dan menjatuhkan pilihan kepada calon karyawan lulusan SMA. Bahkan dalam prakteknya orang-orang yang bekerja di perusahaan dan berpengalaman lama dibidangnya bukanlah orang yang memiliki latar belakang akademis yang sama dengan bidang yang gelutinya sekarang ini. semua itu bukan kepada ijazah apa yang anda miliki, tetapi apa yang bisa anda kerjakan. Selama perusahaan tidak memberikan syarat lulusan tertentu, tetaplah melangkah dan serahkan surat lamaran anda. 

  6. Pengalaman saya saat menerima karyawan pada awalnya memang menargetkan lulusan tertentu namun saya tidak membatasi terhadap pelamar yang datang boleh dari lulusan manapun asalkan batas usia sesuai. Dari sekian banyak pelamar sarjana, saya menjatuhkan pilihan pada calon karyawan lulusan SMA yang ternyata mempunyai skill di atas para sarjana.

  7. Tunjukkan diri anda apa adanya dalam melamar pekerjaan jangan membawa-bawa nama tokoh setempat atau pejabat lokal, jangan membawa-bawa nama saudara yang juga bekerja disana apapun jabatan dan pekerjaan yang dilamar apabila anda diterima nantinya hasilnya jauh lebih memuaskan dan tidak akan membuat anda merasa minder dalam pergaulan sesama karyawan nantinya.


  8. Apabila mengirim email dengan file Jpg sebaiknya ukuran perlembarnya jangan lebih dari 1000 kb atau 1 mb gunakan skala dari 500 kb sampai 900 kb saja sebab file yang terlalu besar akan menyulitkan si penerima untuk mengunduh file anda. sebaliknya apabila file terlalu kecil hasilnya akan kabur dan tidak jelas terlihat huruf dan angkanya. Sebaiknya dalam mengirim email berkas lamaran kerja ikuti tahapan berikut :
  • scan surat lamaran anda 
  • scan daftar riwayat hidup atau curriculum vitae yang dibagian atasnya sudah ditempel pasfoto berwarna anda
  • scan ijazah terakhir saja
  • scan transkrip nilai terakhir saja
  • scan beberapa pengalaman kerja yang penting saja
  • scan KTP/SIM 
  • Apabila diminta simpan dalam format pdf. 
  • kirimkan.
Demikian Tujuh Cara Mengirim Surat Lamaran Kerja Yang Harus Kamu Ketahui next posting akan penulis bahas tentang tips ditempat kerja baru.


DMCA.com Protection Status


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER