Blogger Widgets

Merubah Hardisk Internal Menjadi Hardisk Eksternal Dengan USB To Ide Cable Yang Penuh Dengan Resiko



Selama saya menggunakan Komputer jenis HP Pavillion, saya sudah tidak bisa bebas lagi mengganti hardisk internal dengan mencabut pasang hardisk bahkan memasang 2 sampai 5 hardisk sekaligus dalam satu PC.

Solusinya kalau mau mengambil data yang ada dalam hardisk lama saya harus menggunakan peralatan tambahan lain seperti USB To Ide Cable yang saya beli seharga Rp.75.000,- satu set di toko peralatan komputer.

Sepertinya tidak ada masalah, semuanya lancar transfer data bisa berjalan dengan baik meskipun tidak begitu cepat.



Namun setelah beberapa jam berjalan masalah lain muncul, adaptornya sangat panas. Saya coba mencabut kabelnya dan menghentikan koneksi hardisk ke komputer. Adaptor dibiarkan sampai dingin.
setelah dicolokkan lagi tidak lama kemudian adaptor sangat panas lagi. Ternyata masalahnya adaptor sangat cepat panas.

Tetapi tidak sampai disitu saja, saya fikir mungkin wajar saja adaptor panas, namanya juga adaptor. maka saya biarkan saja sambil tetap meneruskan aktifitas transfer data. Dan tak lama kemudian terdengar bunyi ledakan seperti bunyi petasan dan listrik tiba-tiba mati. Adaptornya meledak!! dan parahnya lagi hardisknya juga ikut rusak. hilanglah sudah data-data yang ada dalam hardisk.

Karena memang sangat perlu sekali mengambil data yang ada dalam hardisk yang lain maka saya membeli lagi USB To Ide Cable satu set. Karena penjualnya tidak mau saya hanya membeli adaptornya saja.

Saran saya fikirkanlah dulu kalau mau merubah hardisk internal menjadi hardisk eksternal dengan USB To Ide Cable yang penuh dengan resiko ini, harga memang murah namun data yang ada di hardisklah yang perlu dilindungi.

DMCA.com 

Protection Status

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER