Blogger Widgets

Uji Kompetensi Guru (UKG), Bencana Untuk Guru Gaptek


Sertifikasi merupakan suatu penetapan yang diberikan oleh suatu organisasi profesional terhadap seseorang untuk menunjukkan bahwa orang tersebut mampu untuk melakukan suatu pekerjaan atau tugas spesifik. Sertifikasi biasanya harus diperbaharui secara berkala, atau dapat pula hanya berlaku untuk suatu periode tertentu. Dengan demikian orang yang memiliki sertifikasi wajar kalau harus diperbaharui keahliannya secara berkala, saat inilah yang terjadi dengan guru-guru bersertifikasi yang harus kembali menempuh ujian untuk mempertahankan sertifikasinya.

Dulu, pada awal-awal seleksi untuk memperoleh sertifikasi guru memang gampang-gampang susah hanya mengumpulkan dokumen atau fortofolio saja dengan berbagai atribut piagam didalamnya sehingga terjadilah ajang pemalsuan dokumen besar-besaran, percetakan laku keras mencetak berbagai dokumen piagam aspal untuk memenuhi pesanan calon peserta sertifikasi saat itu. Bagi yang memenuhi nilai karena banyak mempunyai atribut dokumen yang dipersyaratkan bisa lolos dengan tenang. Namun bagi yang tidak sanggup berbohong dengan menebalkan dokumen dinyatakan tidak lulus sertifikasi. 

Uji kompetensi meliputi  :

  1. Pengetahuan materi ajar atau content knowledge
  2. Pengetahuan cara membelajarkan atau pedagogical content knowledge
  3. Keterampilan mengajar atau teaching practice

Sekarang ini kelihatannya pemerintah sudah menyadari kekeliruannya dalam seleksi calon guru sertifikasi yang lalu, sehingga harus kembali lagi melakukan uji kompetensi guru (UKG). UKG dilaksanakan serentak secara online mulai tanggal 30 Juli 2012 untuk daerah Kalsel yang akan diikuti sekitar 19.500 orang guru.


Tes yang dilaksanakan melalui internet ini jelas menyusahkan sebagian besar guru. Banyak dari mereka yang belum pernah memegang keyboards komputer sekalipun. Apalagi guru-guru yang berada dipedalaman, jangankan kenal dengan internet, bahkan ponsel saja kadang sinyalnya hanya satu bar. ini juga jadi dilema bagi pemerintah untuk tetap bersikeras dalam aturan ini. 

Banyak juga guru-guru yang sudah mengambil ancang-ancang untuk saling menyontek dan kerjasama dengan guru-guru lain yang dianggap lebih pandai. sayang sekali hal ini akan menimbulkan kesulitan yang lebih besar karena soal akan diacak oleh panitia. kurang lebih 100 soal yang akan dikerjakan selama 120 menit itu akan diacak sedemikian rupa sehingga barangkali tidak semudah yang mereka bayangkan.

Tapi jangan kecil hati dulu, semua dapat dilakukan dengan belajar secara sungguh-sungguh, correspondence berharap semua dapat dipelajari.

Kisi-kisi uji kompetensi awal untuk semua mata pelajaran silakan download melalui tautan di sini .


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER